Home / Perangkat Pembelajaran / Aplikasi / Contoh Software Pembuat Media Pembelajaran Interaktif
Pengertian Media Pembelajaran, Contoh Media Pembelajaran, Software Pembuat Media Pembelajaran Interaktif

Contoh Software Pembuat Media Pembelajaran Interaktif

Media Pembelajaran Interaktif – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan bersahaja tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran dan penjunjang perangkat pembelajaran yang sudah disusun. Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pengajaran yang akan digunakannya apabila media pembelajaran tersebut belum tersedia

Pengertian Media Pembelajaran

Penegertian media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.

Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.

Posisi media pembelajaran. Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran

Dari pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.

Menurut Edgar Dale, dalam dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan “audio-visual”.

Jenis Media Pembelajaran Interaktif

Pengertian Media Pembelajaran, Contoh Media Pembelajaran, Software Pembuat Media Pembelajaran Interaktif

Di era digital seperti sekarang ini, guru sebenarnya mudah sekali untuk dapat mendapatkan media pembelajaran interaktif. Guru dapat mencari di internet dan dapat menggunakan multimedia interaktif tersebut secara gratis maupun berbayar. Ada 3 jenis media pembelajaran interaktif yang dapat dengan mudah ditemukan di internet, yakni :

  • Media pembelajaran interaktif berbasis e-learning
  • Media pembelajaran website pendidikan situs belajar online
  • Media interaktif berbasis software dan media belajar interaktif berbasis aplikasi android.

Tujuan menggunakan media pembelajaran

Ada beberapa tujuan menggunakan media pembelajaran, diantaranya yaitu :

  • mempermudah proses belajar-mengajar
  • meningkatkan efisiensi belajar-mengajar
  • menjaga relevansi dengan tujuan belajar
  • membantu konsentrasi mahasiswa
  • Menurut Gagne : Komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar
  • Menurut Briggs : Wahana fisik yang mengandung materi instruksional
  • Menurut Schramm : Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional
  • Menurut Y. Miarso : Segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa

Tidak diragukan lagi bahwa semua media itu perlu dalam pembelajaran. Kalau sampai hari ini masih ada guru yang belum menggunakan media, itu hanya perlu satu hal yaitu perubahan sikap. Dalam memilih media pembelajaran, perlu disesuaikan dengan kebutuhan, situasi dan kondisi masing-masing. Dengan perkataan lain, media yang terbaik adalah media yang ada. Terserah kepada guru bagaimana ia dapat mengembangkannya secara tepat dilihat dari isi, penjelasan pesan dan karakteristik siswa untuk menentukan media pembelajaran tersebut.

Baca Juga  Perangkat Pembelajaran Fiqih Kelas 10 K-13

Manfaat Media Dalam Pembelajaran

Hamalik (1986) mengemukakan bahwa pemakaian media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.

Secara umum, manfaat media pembelajara adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Tetapi secara lebh khusus ada beberapa manfaat media yang lebih rinci Kemp dan Dayton (1985) misalnya, mengidentifikasi beberapa manfaat media dalam pembelajaran yaitu :

  • Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan
  • Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
  • Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
  • Efisiensi dalam waktu dan tenaga
  • Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
  • Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
  • Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
  • Merubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.

Selain beberapa manfaat media seperti yang dikemukakan oleh Kemp dan Dayton tersebut, tentu saja kita masih dapat menemukan banyak manfaat-manfaat praktis yang lain. Manfaat praktis media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar sebagai berikut :

  • Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar
  • Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya
  • Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu
  • Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat, dan lingkungannya misalnya melalui karya wisata. Kunjungan-kunjungan ke museum atau kebun binatang.

Contoh Media Pembelajaran Interaktif yang Harus Guru Ketahui

Berikut kami jabarkan contoh-contoh media pembelajaran interaktif menurut jenis yang sudah kami sampaikan sebelumnya.

Contoh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Learning

  • Moodle : Moodle adalah salah satu E-Learning berbasis PHP dan MySQL yang paling populer . Memiliki fitur jadwal pembelajaran, program quiz, presentasi hasil karya. Moodle juga memiliki modul interaksi siswa dengan guru yakni chatforum, workshop atau survey.
  • Fedena : Fedena memiliki fitur lengkap untuk kegiatan pembelajaran hingga manajemen pendidikan di sekolah. Adanya klasifikasi akses login antara pendidik, tenaga kependidikan, siswa, orang tua dan manajemen lembaga pendidikan membuat Fedena menjadi alternative terbaik untuk membangun e-learning institusi satuan pendidikan.
  • Ilmukomputer : Ilmukomputer.com adalah e-learning berbasis komunitas yang menyediakan sumber belajar khusus ilmu komputer dalam bahasa Indonesia secara free.
  • Pesonaedu : Pesonaedu.com hadir sebagai e-learning khusus matematika dan IPA. Kelebihan dari situs ini adalah menyediakan banyak materi yang dilengkapi dengan gambar animasi sehingga lebih mudah dan menarik untuk dipelajari.
  • Fisikanet.lipi.go.id : Fisikanet keluaran LIPI ini merupakan e-learning khusus pelajaran Fisika. Tersedia materi, latihan soal, sejarah dan ruang diskusi seputar mencari penyelesaian mengenai pelajaran fisika.

Contoh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web / Situs Online

  • Zenius Education : Zenius Education adalah situs pembelajaran online yang menyajikan ragam materi pembelajaran mulai tingkat SD hingga SMA. Tersedia lengkap dalam Bahasa Indonesia
  • Wikipedia : Wikipedia merupakan salah satu website pendidikan terbesar di dunia yang menyajikan berbagai ulasan materi tentang arti kata, penjabaran sains, sejarah, biografi, profil Negara dan lain sebagainya.
  • Kelas Kita : Kelaskita merupakan website penyedia berbagai kursus bagi pengunjung. Beragam materi pembelajaran hingga materi pengetahuan umum tersedia di situs ini.
  • Wolfram Alpha : Wolfram Alpha merupakan portal sumber belajar lengkap (dalam bahasa inggris) tentang matematika, statistika, astronomi, seni keterampilan dan lain-lain.
  • Music Theory : Di situs Music Theory menyediakan materi tentang pengenalan music dasar, ritmis, interval, chord, nada diatonis, dan lain-lain.
  • Wikihow : Wikihow adalah situs pencarian cara. Berbagai macam cara bisa kita dapatkan disini.
  • Bing Map & Google Map : Bing Map dan Google Map merupakan situs belajar online untuk melihat peta dunia secara nyata.
  • Bing Search & Google Search : Situs yang hampir semua penguna internet mengetahui. Ya, inilah situs pencarian terpopuler di dunia.
  • Bing Translator : Bing Translator adalah situs yang bisa diandalkan untuk menerjemahkan berbagai bahasa.
  • Microsoft Photosynth : Situs untuk menjelajahi bangunan terkenal dan tempat wisata terbaik dari berbagai belahan dunia melalui media visual 3 dimensi.
  • Wordwide Telescope : Situs satu ini menghadirkan visualisasi nyata tentang astronomi.
Baca Juga  Cara Mengatasi Raport ARD Error Tidak Bisa Diakses

Contoh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software

  • Rekentest : Software Pendidikan Gratis Untuk Praktek Keterampilan aritmatika dengan konsep kuis.
  • Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite : Software Kalkulator ilmiah dengan fitur formula yang sangat lengkap.
  • Animals for Kids 2.1 : Software pendidikan berbasis flash card tentang ensiklopedia hewan secara lengkap.
  • Chinese Toolbox FREE 9.1.2 : Software Chinese Toolbox hadir sebagai alat bantu mempelajari bahasa china dengan baik mulai dari tingkat dasar.
  • ChemDigit :Software kalkulator kimia tentang perhitungan kimia lengkap.
  • Portable Balabolka 1.32.0.463 : Software Text-To-Speech yang akan mengubah bahasa tulisan ke bahasa lisan secara digital oleh komputer.
  • TinyPiano v0.8e : Software belajar piano secara gratis melalui komputer.
  • Celestia Portable : Software untuk mempelajari tentang tatasurya secara detail dengan fitur audio visual yang mumpuni.
  • Holy Quran Software 1.0 : Software Al-Quran Digital untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  • Anatomy Illustrator 1.0.0 : Software mempelajari tentang anatomi tubuh manusia melalui ilustrasi gambar yang detail.
  • BoneLab 1.0.3.4 : Software untuk mempelajari tentang rangka manusia lengkap dengan gambar dan keterangannya.
  • Smart Draw : Software untuk membuat rangkaian Listrik secara digital.
  • Kamus Inggris Indonesia : Kamus untuk menerjemahkan Bahasa Inggris –Indonesia secara digital.
  • Kamus Jawa Indonesia : Kamus untuk menerjemahkan Bahasa Jawa – Indonesia secara digital.
  • Software Mengetik dengan 10 Jari : Software untuk latihan mengetik dengan menggunakan 10 jari yang menarik untuk digunakan.

Contoh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android

  • Aplikasi KelasKita : Aplikasi ini hadir dengan beragam kelas online yang bisa diikuti. Setelah kita memutuskan untuk mengikuti suatu kelas, kita akan mendapatkan materi yang diberikan secara bertahap.
  • Aplikasi RuangGuru : Aplikasi ruangguru memungkinkan kita untuk konsultasi tentang materi pembelajaran melalui chat maupun video call. Sehingga aplikasi ini bisa dijadikan narasumber dalam pembelajaran. Menarik kan?
  • Quipper : Aplikasi android berbayar ini menyediakan kumpulan soal lengkap. Bisa dijadikan alternative media pembelajaran interaktif latihan soal untuk siswa dan guru akan mengoreksi dan menilai hasilnya.
  • Aplikasi Belajar Online Tryout UN SD : Bank Soal Latihan UN SD versi digital yang bisa dimanfaatkan untuk mengukur kemampuan siswa sebelum menghadapi UN. Silakan dicoba.
  • CBT UN SMP : Mirip dengan aplikasi sebelumnya, hanya saja aplikasi ini untuk siswa SMP.
  • Star Chart : Aplikasi android tentang materi astronomi dan Tata Surya. Media pembelajaran alternative dalam belajar Sains.
Baca Juga  Cara Update Aplikasi Raport Digital ( ARD )

Software Pembuat Media Pembelajaran Interaktif Yang Harus Guru Ketahui

Selain memberikan contoh media pembelajaran interaktif, kami juga mencoba memberi beberapa referensi software pembuat media pembelajaran interaktif bagi sahabat guru. Jika kita bisa merancang sendiri media pembelajaran interaktif, kenapa tidak? Pasti akan lebih terasa menyenangkan dan membanggakan jika kita bisa menciptakan sebuah media pembelajaran untuk siswa siswi kita. Betul?

  • Prezi : Prezi hadir sebagai software untuk membuat presentasi pembelajaran berbasis frame-frame yang tersusun dalam sebuah canvas tanpa batas. Prezi memberikan fitur zoom-in zoom-out untuk perpindahan dari masing-masing frame. Sehingga pergerakan perpindahan frame akan menyerupai gerakan pada video.
  • Flypaper : Flypaper adalah software untuk menggabungkan gambar, video, flash, animasi gambar bergerak, hingga game Software yang sangat cocok untuk membuat media pembelajaran interaktif konten visual.
  • Camtasia : Camtasia adalah software perekam aktivitas pada layar monitor computer/laptop. Software ini juga mumpuni dalam pengeditan video.
  • Snagit : Snagit adalah software untuk capture layar monitor secara otomatis. Ini merupakan teknologi print screen yang dapat digunakan hanya dalam satu step. Cocok untuk membuat tutorial untuk peserta didik.
  • Lectora : Lectora adalah software paket lengkap yang menyediakan beragam template yang siap diisi dengan materi pembelajaran yang akan disajikan. Selain itu di dalam Library Lectora juga sudah disediakan banyak gambar dan animasi gambar bergerak untuk melengkapi tampilan media pembelajaran interaktif yang sedang kita rancang.
  • Adobe Flash Profesional : Software pembuat vector plus animasi gambar bergerak hingga efek yang menarik. Rekomended untuk merancang media pembelajaran interaktif konten visual.
  • Windows Movie Maker : Software satu ini merupakan software bawaan Microsoft untuk pembuatan video silde sampai editing video. Sangat mudah untuk digunakan. Sehingga akan memudahkan guru untuk membuat suatu media pembelajaran interaktif audiovisual.
  • Microsoft Power Point : Software paling popular dalam pembuatan presentasi. Anda pasti sudah sangat mengenalnya. Sangat mudah digunakan dan kita bisa mencari banyak template di internet untuk membuat slide yang menarik dan variatif.
  • Filmora Wondershare : Software semacam Windows Movie Maker untuk membuat videoslide maupun editing video. Hadir dengan fitur video effect yang lebih lengkap dari WMM.
  • GoAnimate : Pernah melihat video dengan tampilan tangan yang menulis, atau sering disebut “handwriting”? Nah, inilah software yang digunakan.

Mari berbagi inspirasi dengan cara ikut memberi tambahan ide tentang contoh media pembelajaran interaktif dan software pembuat media pembelajaran interaktif

Tuliskan idemu di kolom komentar ya para guru! Mari saling berbagi wawasan dan inspirasi. Untuk majunya pendidikan di Negeri ini!

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat Pengertian, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Contoh Software Pembuat Media Pembelajaran Interaktif

About Admin

Lembaga pendidikan islam yang terletak di pantai utara Kabupaten Pamekasa tepatnya Desa Tagangser Laok Kecamatan Waru www.maigi.sch.id

Check Also

perangkat pembelajaran kelas x, perangkat pembelajaran kelas 10, silabus, promes kelas x, rpp kelas x, prota kelas x

Perangkat Pembelajaran Kelas X K13 Revisi Terbaru

Perangkat Pembelajaran Kelas X K13 – Perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *